3.2.a.6 Demonstrasi kontekstual modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Ni Wayan Sukerni 

TK Negeri Hindu Kumara Wiyata

CGP A5 Kab. Gianyar 

Tujuan khusus dari demontrasi kontektual modul ini adalah : 

  1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  2. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
  3. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  4. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini
Tugas demonstrasi kontektual dilakukan dengan menganalisis video : Video demostrasi 3.2, dengan menggunakan pertanya-pertanyaa sebagai berikut : 

  • Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
  • Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
  • Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
  • Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:
    1. B
    2. A
    3. G
    4. J
    5. A
  • Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
  • Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?
Jawaban :
1.   Visi dari sekolah tempat guru tersebut mengajar kira-kira terwujudnya lingkungan belajar yang menyenangkan bagi murid.

2. Prakarsa perubahan yang akan dilakukan guru dalam tayangan video tersebut adalah mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk murid belajar

3. Pertanyaan utama yang dilakukan oleh guru adalah Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk murid belajar?

4. Tindakan yang dilakukan guru tersebut antara lain :
     B-uat Pertanyaan Utama : dilakukan oleh guru dengan menuliskan " Penyemangat Belajar"             dipapan tulis untuk membuat murid berpikir dan berpendapat maksud dari tulisan tersebut.

       A-mbil Pelajaran  dilakukan oleh guru dengan :
         - Mengidentifikasi hal-hal yang disukai murid pada kelasnya
         - Mengarahkan murid untuk mengunjungi dan mengamati 2 kelas yang berbeda untuk melihat              hal yang menarik dan disukai dari kelas tersebut
         - Mencatat dan bertanya pada anggota kelas yang dikunjungi tentang hal-hal yang ingin                     diketahui
        - Mendiskusikan hal-hal yang mereka temui dan sukai serta alasannya

    G-ali Mimpi dilakukan oleh guru dengan : 
        - Guru mengarahkan murid untuk menutup mata dan membayangkan kelas impiannya                      masing- masing
        - Menggambarkan kelas impinan mereka dengan bahan yang telah disediakan
        - Mempresentasikan hasil karya didepan kelas.

    J-abarkan Rencana dilakukan oleh guru dengan bersama-sama murid mengidentifikasi hal yang     akan diwujudkan dan dilakukan untuk membuat kelas impian, selanjutnya membuat bagian-            bagian tugas yang berbeda untuk setiap kelompok akan dikerjakan dan menjadi tangung jawab         masing-masing kelompok.

    A-tur Eksekusi dilakukan dengan menjadwalkan waktu untuk mulai kegiatan perubahan dan             setiap     kelompok mengerjakan tugas yang telah diberikan sesuai dengan jadwal yang telah         disepakati. 

5. Peran guru atau pemimpin dalam video tersebut adalah guru mampu memberdayakan kemampuan murid dalam menganalisa, menggambar da menceritakan untuk mengungkapkan pendapatnya, guru tersebut juga mampu mengelola kelas dengan baik untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi murid. 

6. Modal utama yang dimanfaatkan guru adalah Modal manusia yaitu murid-murid mempunyai kreatifitas tinggi, semangat dan inpirasi. Modal sosial yaitu kelas lain yang digunakan untuk tempat pengamatan. Modal politik yaitu wewenang dari guru tersebut. 




        - 

Comments