3.3.a.6  Demonstrasi Kontektual  Modul 3.3

 

Oleh

 

Ni Wayan Sukerni,S.Pd

 

TK Negeri Hindu Kumara Wiyata

 

CGP A 5 Kab. Gianyar Bali

 

Tujuan Pembelajaran Khusus dari koneksi antar materi ini  agar  CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

Berdasarkan filosofi dari KHD bahwa maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat). Komponen dari profil pelajar pancasila yang hendak dikembangkan adalah gotong rotong, Mandiri . Gotong royong dimana anak mampu untuk berkolaborasi dengan teman sebaya ataupun orang dewasa yang ada disekitarnya. Madiri agar anak mampu bertanggungjawab dalam proses yang mereka jalani. 

Tema yang akan diambil adalah : Meningkat kemampuan literasi anak TK Negeri Hindu Kumara Wiyata dengan program BUka buKU buKA ilMU (BUKU KAMU). Latar belakang dari program ini adalah  melihat rendahnya ketertarikan anak usia TK (Taman Kanak-Kanak) terhadap buku serta merujuk pada aspek pengembangan bahasa anak terutama pada keaksaraan maka kami mempunyai gagasan untuk membuat program yang diharapkan nantinya dapat meningkatkan ketertarikan anak akan buku-buku. Program pengembang literasi sangatlah penting dikembangkan sejak dini untuk dapat menjadi dondasi yang kuat bagi murid dalam melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi. Program ini juga dirancang untuk dapat meningkatkan kerjasama antar anak dan orang tua juga untuk menumbuhkan kreatifitas anak.

Aset yang mendukung untuk program ini antara lain :

1. Aset manusia : kepala sekolah, guru, murid, pengurus komite, orang tua murid

2. Aset fisik : Sarana dan prasana disekolah seperti buku-buku, tempat yang luas

3. Aset sosial : dukungan dari orang tua murid

4. Aset lingkungan : lingkungan yang nyaman dan aman

5. Aset finansil : dukungan finansial dari orang tua murid

6. Aset politik : kebijakan dari kepala sekolah

7. Aset agama/budaya : murid berasal dari satu budaya yang sama

Karakteristik lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid yang dapat dibangun adalah keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana, di mana murid akan menjunjung tinggi nilai-nilai sosial positif yang berbasis pada nilai-nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah melalui program tersebut.

Prakarsa perubahan " Meningkatkan Literasi  Anak  di TK Negeri Hindu Kumara Wiyata  Melalui Program (BUKU KAMU) BUka buKU buKA  ilMU"

Tahapan

Pertanyaan

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/ kepemilikan murid

Aset/kekuatan yang akan diberdayakan pada tahap ini

Waktu yang diperlukan

Penanggung jawab pada tahap ini

Buat pertanyaan utama

Mengapa kita perlu meningkatkan kemampuan literasi anak?

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan literasi anak terutama dalam keaksaraan ?

Diskusi dengan kepala sekolah dan rekan guru tentang pentingnya litearsi dan bagaimana hasil dari program yang selama ini dijalankan

 

Berdiskusi dengan rekan-rekan guru untuk dapat menemukan hal-hal yang menarik untuk menumbuhkan keatifitas murid dalam melakukan kegiatan keaksaraan

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdikusi dengan murid untuk mengetahui keterarikan mereka akan buku

 

 

 

 

 

 

 

 

Modal manuasi :

-          Kepala sekolah

-          Guru

-          murid

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 hari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CGP

 

 

 

Tahapan

Pertanyaan

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/ kepemilikan murid

Aset/kekuatan yang akan diberdayakan pada tahap ini

Waktu yang diperlukan

Penanggung jawab pada tahap ini

Ambil Pelajaran

Aktifitas apa yang menarik untuk meningkatkan literasi anak

 

 

 

 

 

 

Apa yang disukai murid ketika mereka belajar literasi secara mandiri

Observasi kegiatan literasi anak

 

 

 

 

 

 

 

 

Memberi pertanyaan terbuka kepada murid untuk menggali minat mereka tentang literasi 

Melakukan sesi curah pendapat disela-sela pembelajaran untuk mengetahui yang selama ini mereka lakukan

 

Melakukan sesi tanya jawab untuk mengetahui hal apa saja yang menarik minat mereka terutama tentang literasi

 

 

Aset manusia :

-          Murid

-          Guru

-          Kepala sekola

 

Aset fisik :

-          Ruanga kelas

 

 

 

 

 

 

1 hari

 

 

 

 

 

 

 

CGP

Gali Mimpi

Apakah kebiasaan-kebiasaan baru yang kami bayangkan terjadi budaya literasi sudah tercapai?

 

Apa saja hal baru yang bisa kami lakukan setelah terwujudnya mandiri &aktif berliterasi

 

 

 

 

Mengajak rekan guru dan murid membuat daftar kebiasaan baru yang akan terjadi

Jika literasi telah membudaya

 

Melakukan sesi berbagi bersama untuk harapan dari murid dari keterlaksanaan programa “BUKU KAMU” yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian murid dalam literasi

 

 

Aset manusia :

-          Murid

-          Guri

 

 

 

 

 

 

1 hari

 

 

 

 

 

CGP

Jabarkan Rencana

Apa tindakan yang bisa mendukung tercapainya budaya mandiri & aktif berliterasi?

 

 

 

Berapa lama target untuk mencapai budaya mandiri &aktif  berliterasi

 

Mendikusikan rancangan program BUKU KAMU bersama rekan-rekan guru , mendata buku-buku yang ada

 

 

 

 

Mengkoordinasikan rencana jadwal pelaksanaan program BUKU KAMU bersama rekan guru dan kepala sekolah

Melakukan koordinasi dengan komite sekolah  untuk melaksanakan program BUKU KAMU

 

 

 

 

Mendiskusi jadwal teknis pelaksaan bersama komite dan murid

Aset manusia :

-          Guru

-          Murid

-          Komite

 

Aset fisik:

-          Ruangan

-          Buku-buku

 

 

Aset sosial :

-          Dukungan komite sekolah

 

 

 

 

 

 

2 hari

 

 

 

 

 

 

CGP

Atur Eksekusi

Siapa yang akan terlibat dalam  mewujudkan rencana ini?

 

Siapa saja yang bertanggung jawab agar program dapat tetap berlangsung dengan baik?

 

Kapan program BUKU KAMU dapat dilaksanakan?

Mengajak orang tua ikut berperan serta secara langsung dalam BUKU KAMU

 

Membuat SK pembentukan tim pada program BUKU KAMU untuk memantau keterlaksanaannya

 

 

 

Menyusun jadwal pelaksanaan bersama Tim yang telah disusun

Mengkoordinasikan pembagian tugas bersama Tim dan murid untuk mengatur tempat dan jenis buku yang akan digunakan

Aset manuasi :

-          Guru

-          Murid

-          Komite

-          Kelapa sekolah

 

Aset fisik :

-          Ruangan

-          Buku-buku

 

 

Aset sosial :

-          Dukungan komite sekolah

 

 

 

 

 

 

3 hari

 

 

 

 

 

CGP

 

Comments