3.3.a.6 Demonstrasi Kontektual Modul 3.3
Oleh
Ni Wayan Sukerni,S.Pd
TK Negeri Hindu Kumara Wiyata
CGP A 5 Kab. Gianyar Bali
Tujuan Pembelajaran Khusus dari koneksi antar materi ini agar
CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah
prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan
model manajemen perubahan BAGJA.
Berdasarkan filosofi dari KHD bahwa maksud pengajaran dan pendidikan
yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai
anggota persatuan (rakyat). Komponen dari profil pelajar pancasila yang hendak
dikembangkan adalah gotong rotong, Mandiri . Gotong royong dimana anak mampu
untuk berkolaborasi dengan teman sebaya ataupun orang dewasa yang ada
disekitarnya. Madiri agar anak mampu bertanggungjawab dalam proses yang mereka
jalani.
Tema yang akan diambil adalah : Meningkat
kemampuan literasi anak TK Negeri Hindu Kumara Wiyata dengan program BUka buKU
buKA ilMU (BUKU KAMU). Latar belakang dari program ini adalah melihat rendahnya ketertarikan anak usia TK
(Taman Kanak-Kanak) terhadap buku serta merujuk pada aspek pengembangan bahasa
anak terutama pada keaksaraan maka kami mempunyai gagasan untuk membuat program
yang diharapkan nantinya dapat meningkatkan ketertarikan anak akan buku-buku.
Program pengembang literasi sangatlah penting dikembangkan sejak dini untuk
dapat menjadi dondasi yang kuat bagi murid dalam melanjutkan pendidikannya ke
tingkat yang lebih tinggi. Program ini juga dirancang untuk dapat meningkatkan
kerjasama antar anak dan orang tua juga untuk menumbuhkan kreatifitas anak.
Aset yang mendukung untuk program ini
antara lain :
1. Aset manusia : kepala sekolah, guru,
murid, pengurus komite, orang tua murid
2. Aset fisik : Sarana dan prasana
disekolah seperti buku-buku, tempat yang luas
3. Aset sosial : dukungan dari orang tua
murid
4. Aset lingkungan : lingkungan yang nyaman
dan aman
5. Aset finansil : dukungan finansial dari
orang tua murid
6. Aset politik : kebijakan dari kepala
sekolah
7. Aset agama/budaya : murid berasal dari
satu budaya yang sama
Karakteristik
lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid yang dapat
dibangun adalah keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan
bijaksana, di mana murid akan menjunjung tinggi nilai-nilai sosial positif yang
berbasis pada nilai-nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah melalui program
tersebut.
Prakarsa perubahan " Meningkatkan Literasi Anak di TK Negeri Hindu Kumara Wiyata Melalui Program (BUKU KAMU) BUka buKU buKA ilMU"
|
Tahapan |
Pertanyaan |
Tindakan yang diperlukan
untuk mendapatkan jawaban |
Rencana untuk melibatkan
suara/pilihan/ kepemilikan murid |
Aset/kekuatan yang akan
diberdayakan pada tahap ini |
Waktu yang diperlukan |
Penanggung jawab pada
tahap ini |
|
Buat pertanyaan utama |
Mengapa kita perlu
meningkatkan kemampuan literasi anak? Bagaimana cara
meningkatkan kemampuan literasi anak terutama dalam keaksaraan ? |
Diskusi dengan kepala
sekolah dan rekan guru tentang pentingnya litearsi dan bagaimana hasil dari
program yang selama ini dijalankan Berdiskusi dengan
rekan-rekan guru untuk dapat menemukan hal-hal yang menarik untuk menumbuhkan
keatifitas murid dalam melakukan kegiatan keaksaraan |
Berdikusi dengan murid
untuk mengetahui keterarikan mereka akan buku |
Modal manuasi : -
Kepala
sekolah -
Guru -
murid |
1 hari |
CGP |
|
Tahapan |
Pertanyaan |
Tindakan yang diperlukan
untuk mendapatkan jawaban |
Rencana untuk melibatkan
suara/pilihan/ kepemilikan murid |
Aset/kekuatan yang akan
diberdayakan pada tahap ini |
Waktu yang diperlukan |
Penanggung jawab pada
tahap ini |
|
Ambil Pelajaran |
Aktifitas apa yang menarik
untuk meningkatkan literasi anak Apa yang disukai murid
ketika mereka belajar literasi secara mandiri |
Observasi kegiatan
literasi anak Memberi pertanyaan terbuka
kepada murid untuk menggali minat mereka tentang literasi |
Melakukan sesi curah
pendapat disela-sela pembelajaran untuk mengetahui yang selama ini mereka
lakukan Melakukan sesi tanya jawab
untuk mengetahui hal apa saja yang menarik minat mereka terutama tentang
literasi |
Aset manusia : -
Murid -
Guru -
Kepala
sekola Aset fisik : -
Ruanga
kelas |
1 hari |
CGP |
|
Gali Mimpi |
Apakah kebiasaan-kebiasaan
baru yang kami bayangkan terjadi budaya literasi sudah tercapai? Apa saja hal baru yang
bisa kami lakukan setelah terwujudnya mandiri &aktif berliterasi |
Mengajak rekan guru dan
murid membuat daftar kebiasaan baru yang akan terjadi Jika literasi telah
membudaya |
Melakukan sesi berbagi
bersama untuk harapan dari murid dari keterlaksanaan programa “BUKU KAMU”
yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian murid dalam literasi |
Aset manusia : -
Murid -
Guri
|
1 hari |
CGP |
|
Jabarkan Rencana |
Apa tindakan yang bisa
mendukung tercapainya budaya mandiri & aktif berliterasi? Berapa lama target untuk
mencapai budaya mandiri &aktif
berliterasi |
Mendikusikan rancangan
program BUKU KAMU bersama rekan-rekan guru , mendata buku-buku yang ada Mengkoordinasikan rencana
jadwal pelaksanaan program BUKU KAMU bersama rekan guru dan kepala sekolah |
Melakukan koordinasi
dengan komite sekolah untuk
melaksanakan program BUKU KAMU Mendiskusi jadwal teknis
pelaksaan bersama komite dan murid |
Aset manusia : -
Guru -
Murid -
Komite Aset fisik: -
Ruangan -
Buku-buku Aset sosial : -
Dukungan
komite sekolah |
2 hari |
CGP |
|
Atur Eksekusi |
Siapa yang akan terlibat
dalam mewujudkan rencana ini? Siapa saja yang
bertanggung jawab agar program dapat tetap berlangsung dengan baik? Kapan program BUKU KAMU
dapat dilaksanakan? |
Mengajak orang tua ikut
berperan serta secara langsung dalam BUKU KAMU Membuat SK pembentukan tim
pada program BUKU KAMU untuk memantau keterlaksanaannya Menyusun jadwal
pelaksanaan bersama Tim yang telah disusun |
Mengkoordinasikan
pembagian tugas bersama Tim dan murid untuk mengatur tempat dan jenis buku
yang akan digunakan |
Aset manuasi : -
Guru -
Murid -
Komite -
Kelapa
sekolah Aset fisik : -
Ruangan -
Buku-buku Aset sosial : -
Dukungan
komite sekolah |
3 hari |
CGP |
Comments
Post a Comment