Jurnal Dwi Mingguan Modul 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya
Ni Wayan Sukerni,S.Pd
TK Negeri Hindu Kumara Wiyata
CGP A5 Kab. Gianyar Bali
Jurna dwi mingguan untuk modul ini saya buat dengan model 4F ( Fact, Felling, Findings, Future)
FACT
Peristiwa yang terjadi selama dua minggu ini saya awali dengan kegiatan di LMS yaitu mulai dari diri dimana pada kegiatan ini saya diminta untuk menjawab pertanyaan yang bertujuan untuk mengali ulang pengetahuan saya tentang ekositem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Saya juga mengikuti kegiatan ekloprasi konsep disana saya banyak belajar secara mandiri dan menelaah konsep dasar tentang pengelolaan sumber daya. Selanjutnya kami para CGP juga berkomunikasi dalam forum diskusi dengan melakukan studi kasus pada kasus yang telah disiapkan pada LMS. Pada sesi ruang kolaborasi bersama fasilitator pengetahuan atau pemahaman kami dikuatkan kembali oleh fasilitator. Dalam sesi ini kami dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya yang ada pada daerah kami serta kebermanfaatannya untuk pendidikan.
FELIINGS
Saya merasa sangat bersemangat dalam mengikuti setiap sesi yang ada pada modul ini. Modul ini sangat bermanfaat bagi saya terutama dalam menggali potensi atau aset yang ada pada lingkungan sekolah saya dan bagaimana nantinya saya dapat memanfaatkan untuk pembelajaran yang ada disekolah saya.
FINDINGS
Banyank pengetahun baru yang saya peroleh dalam modul ini, terkait dengan sekolah merupak sebuah ekosistem, pendekatan berbasis kekurangan / masalah ( Deficit-base thingking) , pendekatan berbasis aset / kekuatan ( Asset-base thingking) dan tujuh modal yang dimiliki oeleh sebuah ekosistem. Dari mempelajari modul ini saya menyadari pendekatan dengan berbasis aset sangat baik diterapkan dalam suatu ekositem terutama disekolah. Dengan mengenali potensi/asset/modal yang dimiliki akan sangat membantu sekolah untuk mewujudkan visi dan misi yang ada pada sekolah tersebut. Modal yang dimiliki oleh suatu ekosistem sekolah akan membantu perbaiki pembelajaran yang terjadi bila dimanfaatkan dengan baik.
FUTURE
Untuk dapat mengoptimalkan potensi yang ada disekolah, hal pertama yang akan saya mencoba untuk menggali dan menganalisis potensi atau sumber daya yang ada untuk dapat diberdayakan dalam pengembangan sekolah kedepannya. Saya akan mulai mengenalkan pendekatan berbasis aset (aset-base thingking) kepada rekan-rekan sejawat agar nantinya secara bertahap dapat membuka wawasan dan dapat memanfaatkan potensi yang ada. Saya juga akan mencoba melakukan kolaborasi dengan teman-teman sejawat untuk memanfaatkan aset yang ada secara optimal dalam mendukung kegiatan pembelajaran yang berpihak pada murid.
Comments
Post a Comment